Speed Blog SEO

Kecepatan Blog adalah Faktor Penting SEO

Cara Optimasi Website atau Blog Yang Baik dan Benar

Tips dan Cara Optimasi Website atau Blog Yang Benar – Selamat siang sahabat blogger dimanapun berada. Pada postingan kali ini saya akan berbagi beberapa trik atau Optimasi Website atau Blog Yang Baik dan Benar. Tentu saja cara ini merupakan tehnik yang sesuai dengan panduan google webmaster, dalam bahasa populernya “white hat seo”. Lalu apa dan bagaimana sesungguhnya definisi dari white hat seo, akan saya bahas pada kesempatan berikutnya.

Cara Optimasi Website atau Blog Yang Baik dan Benar

Optimasi dimaksudkan untuk memunculkan bahkan memberikan peringkat terbaik dari suatu blog di mesin pencarian (search engine). Optimasi yang dilakukan terhadap sebuah blog secara umum atau pada artikel khususnya, mempunyai dasar-dasar sebagai panduan. Nah, dasar-dasar tersebut harus dan mutlak tidak boleh keluar dari panduan, panduan yang dimaksud adalah ketentuan dari search engine itu sendiri. Dalam dunia webmaster, fokus optimasi biasanya lebih ke google sebagai mesin pencari terbaik. Memang ada beberapa search engine selain google, sebut saja misalnya yandex, yahoo search, bing search, dll. Akan tetapi, para webmaster atau pakar seo Indonesia maupun dunia lebih memfokuskan optimasi website/blog kepada mesin pencari google.

Pengertian dan jenis-jenis algoritma google

Sebetulnya optimasi bisa juga disebut dengan tehnik menaklukkan algoritma search engine (google). Karena algoritma adalah sistem pada mesin pencari yang menjadi “penentu” layak atau tidaknya sebuah website/blog muncul di penelusuran. Algoritma pula lah yang menentukan urutan peringkat web/blog tersebut berdasarkan kata kunci (keyword). Jadi untuk dapat menaklukkan algoritma tersebut, seorang webmaster seharunya mengetahui terlebih dahulu apa itu ALGORITMA?.

Definis Algoritma google

Algoritma adalah sebuah program pencarian yang khusus dibuat untuk memilih dan mengidentifikasi penelusuran teratas dalam beberapa faktor yang spesifik. Algoritma sendiri terprogram, beroperasi serta diperbaharui oleh progammer.

Segala sesuatunya setelah berhasil lolos tahap uji coba akan dipakai untuk mencari spider atau bot. Semua link yang berhasil ditemukan kemudian bakal ditelusuri oleh bot dan diikuti arah tujuannya. Ini termasuk pekerjaan utama bot untuk mengindeks apa yang ditemui kemudian menyimpan semua informasi dalam database virtual.

Macam-macam Algoritma Google dan Tujuannya

Dari segi fungsi dan tujuannya algoritma google memiliki beberapa jenis dan nama. Berikut ini nama-nama algoritma google beserta penjelasan dan tujuannya.

1. Google Caffeine

Algoritma Google Caffeine resmi dirilis oleh Google pada 2009 silam yang bertujuan mengamati struktur arsitektur website pada indeks mereka dan begitu juga website yang belum dijamah. Faktor infrastruktur website disertakan ke dalam penentuan peringkat dan ini mempermudah Google untuk memperbarui indeks pencarian agar lebih dinamis dan organisir saat menentukan katalog jutaan tautan (link) pada database mereka.

2. Google Panda

Pada tahun 2011 Google kembali merilis perubahan algoritma bernama Panda. Adapun tujuan utamanya yaitu menghukum website sebanyak mungkin yang doyan merilis konten berkualitas rendah. Pada masa ini konten berkualitas dianggap sebagai raja, bahkan berperan sentral dalam analisis dan evaluasi website.

Pada perilisan perdana, Panda mengevaluasi indeks milik Google dan mencari website yang mengandung duplikat konten, pemasangan iklan memberatkan serta beragam teknik berbahaya kaya spam ala black-hat SEO. Untungnya semua website yang dihukum punya kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan, tetapi menulis ulang artikel yang dianggap konten kualitas rendah justru tak menyelesaikan masalah.

3. Google Penguin

Setelah mengidentifikasi dan menghukum website berkonten kualitas rendah, inilah waktu tepat bagi Google lebih fokus dan memperbaiki kesalahan penerapan SEO. Algoritma baru akhirnya diperkenalkan kembali setahun usai perilisan Panda, tepatnya 2012 silam, kali ini mengusung nama hewan Penguin. Adapun tujuan utama yaitu meregulasi website spam atau optimasi berlebih.

Penguin turut mengincar situs yang melakukan keyword stuffing dan segala perbuatan berhubungan langsung dengan black-hat SEO. Di sisi berbeda algoritma ini justru menghadiahi website yang mengusung white-hat SEO dan diperkaya konten berkualitas tinggi yang disukai pembaca.

Penguin versi perdana membidik website yang memanipulasi tautan agar memperoleh lebih banyak trafik. Algoritma juga menghukum website yang mengandung tautan tidak relevan sesuai niche atau industri. Versi terbaru penguin yaitu mencari lebih banyak website spam dan taktik membangun tautan mencurigakan seperti beli tautan untuk menarik lebih banyak trafik natural.

Optimasi Website atau Blog

4. Google Hummingbird

Google Hummingbird pertama kali muncul pada bulan September 2013 yang lalu. Tujuannya adalah mencari website yang mengedepankan kecepatan dan ketepatan. Awalnya perilisan Hummingbird dijadwalkan pada Agustus, namun dibatalkan Google sehingga baru resmi berjalan sehari sebelum ulang tahun Google ke-15 yang jatuh pada tanggal 27 September.

Apa yang membuat Hummingbird berbeda dari versi terdahulu? Algoritma ini memungkinkan Google menyegarkan kembali indeks dan mesin pencari buatan mereka. Tak hanya itu, mereka turut menyimpan beragam elemen penting milik algoritma pencarian versi terdahulu. Bisa dikatakan bahwa Hummingbird jauh lebih lengkap.

Nah, itulah beberapa nama algoritma google beserta fungsi dan tujuannya. Menurut informasi terbaru bahwa saat ini google sudah mengeluarkan algoritma dengan nama dan fungsi yang baru. Namun sampai tulisan ini saya buat, saya belum sempat memcari lebih detail terkait dengan algoritma ini. Jadi saya belum berani membuat ulasan tentang algoritma tersebut. Mungkin saya akan membahasnya secara khusus pada postingan yang akan datang.

Cara Optimasi Website atau Blog Yang Baik dan Benar

Nah, setelah kita mengetahui nama-nama serta fungsi dan tujuan dari algoritma google, baru kita bisa mulai melakukan optimasi yang dalam bahasa umumnya adalah Search Engine Optimization (SEO). Seperti yang saya sebutkan diatas, bahwa SEO merupakan tehnik atau cara menaklukkan algoritma google untuk bisa berada di peringkat terbaik pada pencarian. Tehnik SEO sendiri terdiri dari 3 macam, yaitu White-hat seo, Black-hat seo dan Gray-hat seo. Namun pada postingan ini saya hanya akan berbagi cara optimasi yang tergolong White-Hat SEO karena hanya ini tehnik yang sesuai dengan panduan.

SEO juga terbagi dari 2 (dua) macam, yakni :

  1. SEO On-Page
  2. SEO Off-Page

#Pengertian SEO On-Page

Artinya optimasi yang dilakukan dari dalam website/blog, seperti pemilihan template/theme web dan blog, penempatan judul artikel sesuai keyword, pemasangan meta tag, dan sebagainya yang berhubungan dengan website/blog dari dalam. Jenis seo ini lebih banyak digunakan blogger karena lebih mudah dan praktis.

#Pengertian SEO Off-Page

Maksudnya adalah optimasi yang dilakukan diluar website atau blog, seperti backlink, sosial bookmarking dan sharing ke media sosial. Tehnik seo yang satu ini terutama backlink termasuk kurang disukai oleh sebagian blogger. Karena cara mendapatkan backlink sendiri tergolong sulit dan banyak resiko. Apalagi google memiliki algoritma yang khusus memperhatikan jenis-jenis backlink yang didapat suatu web.

Tidak hanya meningkatkan mutu situs online, SEO Off-Page juga mampu menjadi salah satu pintu masuk visitor ke situs online anda. Trik ini terbilang primitif untuk dilakukan dengan cara manual. Tetapi lebih baik dilakukan dengan backlink bermutu terhadap situs-situs yang sudah mempunyai reputasi baik di mata Google. Makin baik mutu backlink maka semakin baik pula dampaknya.

Lalu bagaimana seharusnya melakukan optimasi agar termasuk White-Hat SEO?

Sebenarnya tidak susah dan juga tidak bisa dikatakan mudah, saya pribadi lebih menganggapnya sedang-sedang saja.

Cara optimasi dengan SEO On-Page
Optimasi SEO On-Page

sumber image : www.digitalvidya.com

Dari beberapa Optimasi Website atau Blog, Pertama yang harus kita lakukan adalah maksimalkan SEO on-page dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :

  1. Pilih nama domain yang unik. Jika kita memiliki satu jenis niche blog, akan sangat baik jika nama domain sesuai dengan niche. Misalnya blog dengan niche Kesehatan, maka akan bagus jika nama domainnya seperti tipskesehatan(dot)com, rahasiasehat(dot)net, dan sebagainya.
  2. Pasang meta tag dalam blog. Gunakan seluruh jenis meta tag, seperti H1, H2, dan seterusnya. Jangan lupa masukkan kata kunci yang dibidik kedalam setiap tag di artikel.
  3. Atur penempatan tag H1, H2 dan sebagainya dengan jarak yang tidak terlalu panjang. Sebaiknya letakkan tag tersebut disetiap 250-300 kata pada artikel.
  4. Gunakan template/theme blog yang responsive dan cepat loading. Sebab blog yang memiliki kecepatan load lebih disukai search engine dibandingkan web yang lemot. Karena kecepatan blog adalah salah satu faktor penting seo.
  5. Artikel tidak kurang dari 800 kata. Google beserta algoritma nya sangat menyukai artikel yang panjang, karena dari segi logika artikel panjang tentu akan berisi informasi yang benar-benar detail dan berguna. Selain itu, penulisan artikel harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan ketentuan baku dari bahasa tersebut, misalnya bahasa Indonesia harus sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Cara optimasi dengan SEO Off-Page

Adapun Optimasi Website atau Blog dengan tehnik seo off-page adalah :

    1. Backlink

Backlink adalah link yang menuju ke blog atau web kita, dalam istilahnya disebut Inbound Link (link masuk). Tentunya link tersebut berasal dari website/blog lain yang bukan milik kita. Semakin bagus kualitas dari web yang memberikan link ke blog kita, maka akan semakin baik dampaknya bagi peringkat di search engine. Menanam link menuju blog kita bisa dilakukan dengan berkomentar pada web/blog lain namun bukan dengan cara SPAM.

    1. Social Bookmarking

Social bookmarking adalah situs/website yang dapat menyimpan, mengelola dan berbagi url / alamat situs yang dianggap favorite . Pemilik situs social bookmark tidak perlu menulis artikel melainkan para blogger yang men-submit atau memasukkan artikel pada situsnya untuk dilihat dan dibaca pengunjung. Situs social bookmarking ini juga bisa memberikan backlink ke blog kita.

    1. Share ke Media Sosial

Optimasi Website atau Blog dengan seo off-page berikut ini adalah yang paling sering digunakan, terutama oleh blogger pemula. Dengan membagikan artikel ke akun media sosial seperti facebool, twitter, linkedin, pinterest, dll memang memiliki kans besar mendapatkan kunjungan. Namun tehnik sharing media sosial ini tidak memberikan dampak signifikan kepada peringkat blog di mesin pencari, tapi untuk mendapatkan visitor cara ini cukup bagus.

Optimasi SEO Off-Page

image source : www.ahatechnocrats.com

Kesimpulan Artikel

Tehnik search engine optimization atau Optimasi Website atau Blog diatas telah sesuai dengan panduan webmaster google, jadi bisa dikategorikan sebagai White-Hat SEO. Artinya dengan menggunakan cara tersebut diatas tidak akan memberikan dampak-dampak negatif kepada blog kita di mata google. Namun, untuk masalah peringkat masih bergantung pada keunikan dari setiap artikel yang kita tulis. Semakin unik maka artikel tersebut akan semakin berkualitas, dan artikel yang berkualitas akan menjadi kesukaan google. Dalam istilah populernya “Content is King”.

Gunakan kata kunci yang tidak termasuk melanggar TOS (Term Of Service) google. Kata kunci yang mengandung hal-hal ilegal seperti casino sbobet, b*kep, situs agen remi9 dan lain-lain. Selain itu hindari optimasi dalam mencari backlink yang berlebihan, karena itu akan terkesan memaksakan jadi backlink yang didapat tidak terlihat natural oleh google.

Nah sahabat, cukup sekian ya postingan Optimasi Website atau Blog kita kali ini. Tidak usah terburu-buru dalam mempelajari tehnik search engine optimization, cukup perlahan saja. Karena belajar seo kita tidak dikejar deadline seperti belajar di sekolah, hehe. Yang terpenting adalah perbanyak praktek, jangan hanya terus mencari trik-trik dari master seo indonesia tapi ilmu yang didapat jarang dipraktekkan. Karena praktek adalah segalanya, kita akan mendapatkan tehnik dan Cara Optimasi Website atau Blog Yang Baik dan Benar sendiri jika sering praktek.

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat. Silahkan berlangganan update terbaru blog ini melalui email. Sampai jumpa lagi, 🙂

SpeedBlogSEO © 2017 Frontier Theme